Home » » Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Mencari pekerjaan yang sesua dan mampu dikerjakan adalah hal yang cukup sulit saat ini, masa ekonomi yang sulit ini membuat lowongan pekerjaan tidak terlalu banyak. Saat anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi dan kemampuan anda, melamar pekerjaan tersebut menjadi hal yang harus segera dilakukan.

Dalam mempersiapkan lamaran yang akan anda kirimkan, anda harus memperhatikan beberapa hal yang akan membuat surat lamaran anda diterima dengan baik oleh bagian kepegawaian kantor yang ingin anda lamar. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda perhatikan saat akan membuat surat lamaran pekerjaan.

  • Hindari tulisan tangan jika tidak diminta
    Masa yang sudah modern ini telah mengubah sistem dan standar yang diterapkan pada setiap perusahaan jika di masa yang lalu surat lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan dan menggunakan huruf latin dinilai lebih efektif untuk melamar pekerjaan, lain halnya yang terjadi saat ini.
  •  
    Kecanggihan computer yang ada saat ini telah mengalahkan tulisan tangan yang bisa digunakan sebagai tes kepribadian. Selain hasil tulisan yang lebih rapi dan teratur, lamaran yang diketik di computer akan menunjukkan bahwa anda mampu mengoperasikan computer dengan baik. Saat ini hampir semua pekerjaan menuntut pelamar untuk bisa mengoperasikan computer.
  • Gunakan bahasa yang baku dan sopan
    Tidak seperti menulis surat kepada teman, surat lamaran yang anda kirimkan kepada perusahaan harus ditulis dengan tata bahasa yang baku. Bahasa yang sopan dan baku akan menunjukkan bahwa anda merupakan orang yang santun dan tidak neko-neko.
  •  
    Selain itu, hindari penggunaan bahasa yang bertele-tele. Surat lamaran akan terlihat lebih menarik jika langsung dibuat tanpa basa basi yang berlebihan. Untuk surat lamaran, anda juga sebaiknya tidak menggunakan singkatan – singkatan yang tidak baku. Intinya, bahasa surat lamaran harus dibuat dengan sebaik – baiknya karena dari tulisan anda, kepribadian anda akan tampak jelas.
  • Buat surat lamaran yang efektif
  • Surat lamaran yang efektif akan menjadi gerbang bagi anda untuk lanjut ke tahapan selanjutnya. Gabungan dari bahasa baku dan isi yang menarik, surat lamaran yang efektif ini akan membuat para pemberi pekerjaan tertarik untuk berbincang lebih jauh dengan anda pada tahapan selanjutnya. 
    Walaupun surat lamaran diharapkan dapat memuat informasi tentang diri anda secara terperinci, namun and harus tetap membatasi jumah halaman yang anda gunakan. Surat lamaran yang terlalu panjang akan membuat bagian kepegawaian merasa tidak tertarik untuk membaca lamaran anda lebih jauh.
Banyaknya lamaran yang masuk membuat bagian kepegawaian hanya bisa membaca surat lamaran anda secara cepat. Karena alasan inilah, surat lamaran yang ringkas dan padat namun tetap bisa tepat sasaran adalah tipe surat lamaran yang paling sesuai untuk anda.

Dengan semua penjelasan diatas, anda dapat menyimpulkan bahwa dalam membuat surat lamaran, banyak hal yang harus diperhatikan. Setiap detail dari surat lamaran yang anda buat akan memiliki nilai tersendiri yang akan menguntungkan atau malah merugikan anda.

Posting Komentar