Home » » Sebal Dikritik Terus, Ini Solusinya

Sebal Dikritik Terus, Ini Solusinya

Kita sering merasa sangat kesal saat pekerjaan yang kita kerjakan di kantor selalu mendapatkan kritikan.Kita selalu menginginkan pujian dari atasan namun ternyata atasan kita seorang tukang kritik. Anda tidak boleh patah semangat dalam bekerja hanya karena punya atasan tukang kritik.

Kritikan bisa dikategorikan dalam dua jenis.Kritik pertama bersifat positif. Artinya kritik tersebut akan digunakan untuk suatu perubahan yang lebih baik. Kritik kedua adalah kritik negatif yang bersifat tidak membangun dan memberikan dampak buruk.



Manakah yang sering dikatakan oleh atasan anda? Anda harus tahu bagaimana cara menghadapi bos yang sering sekali memberikan kritikan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mempunyai bos tukang kritik.

Pertama, Anda sebaiknya meminta penjelasan lebih spesifik tentang hal yang dikritik oleh bos Anda. Jika Anda sudah tahu penyebab, dan hal tersebut merupakan kesalahan Anda, maka Anda harus mau berubah.

Kedua, Anda juga harus bisa menerima kritikan dengan sikap yang positif. Kita harus lebih sabar terhadap atasan dan selalulah berfikir bahwa semua kritikan akan membangun Anda menjadi orang yang lebih baik.

Ketiga, Anda harus bisa mengevaluasi diri Anda sendiri.Orang tidak akan sering mengkritik kita jika kita sudah cukup sempurna dalam bekerja. Pasti selalu ada kesalahan yang harus kita sadari dan harus kita ubah agar lebih baik.

Keempat, Anda sebaiknya menemukan cara untuk mengembangkan diri Anda setelah dikritik. Dengan dikritik kita tidak boleh menjadi rendah hati namun sebaliknya menjadi yang lebih baik dari hari ke hari agar tidak dikritik lagi.

Kelima, Anda harus menghindarkan hari-hari Anda untuk bersikap murung. Hal ini tentu akan membuat bos Anda merasa kesal dan mengkritik Anda lagi. Anda sebaiknya tetap profesional dalam bekerja dengan senang hati.

Keenam, ketika anda dikritik sebaiknya Anda tidak menyalahkan orang lain apalagi bos yang mengkritik Anda. Anda yang melakukan kesalahan tidak perlu menimpakan kesalahan kepada orang lain lagi.

Ketujuh, sebaiknya anda tidak terlalu memikirkan kritikan pedas yang akan menjatuhkan percaya diri Anda. Dengan kritikan sebaiknya kita mampu menunjukkan bahwa tuduhan dari bos Anda tidak benar dan bisa berbuat lebih baik lagi.

Posting Komentar